5 Kunci Sukses Investasi Rumah

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Sudah cukup banyak yang mengatakan bahwa investasi properti hunian sebagai investasi yang menjanjikan dan mempunyai prospek jangka panjang yang menguntungkan. Ketersediaan tanah yang semakin terbatas, sementara angka permintaan yang selalu meningkat setiap tahunnya, jadi alasan tersendiri kenapa investasi properti selalu dinilai sebagai investasi terbaik.

Investasi rumah juga dinilai bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan keuangan agar tidak terpengaruh oleh dampak inflasi yang semakin tinggi. Tidah heran jika banyak juga para investor menanamkan modalnya pada sektor pembangunan dan perkembangan di sektor properti.

investasi untuk rumah

Berbicara tentang investasi properti terutama rumah tapak, sebenarnya terdapat juga logika sederhana yang jarang diketahui banyak orang.

Saat ini rumah tapak memang dipandang sebelah mata, dimana hunian seperti apartemen dinilai lebih “mewah” karena kemudahan fasilitas dan lokasinya yang strategis. Tapi seiring dengan semakin menipisnya ketersediaan lahan, kini banyak juga developer yang mengembangkan apartemen kelas menengah. Semakin menjamurnya hunian seperti apartemen tersebut juga yang membuat kedepannya apartemen tidaklah lagi sesuatu yang “mewah”. Sebaliknya, rumah tapak akan dikenal sebagai hunian mewah karena jumlahnya yang sedikit dan harga tanah yang akan naik berkali-kali lipat karena kelangkaannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua hal itu tadi hanyalah logika sederhana yang tentu saja belum terjadi dan juga belum tentu akan terjadi.

Dalam dunia investasi properti, tidak ada yang mudah untuk dibayangkan ataupun ditebak. Kunci kesuksesan Anda dari investasi ini akan tergantung dari analisa dan strategi yang diterapkan. Berawal dari tahap perencanaan yang matang, cermat dalam memilih lokasi yang menguntungkan dan lainnya. Untuk itu, ada beberapa strategi investasi rumah yang sederhana namun bisa memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang sangat besar:

Carilah pengembang yang baik

Bukanlah hal yang mudah untuk bisa mencari pengembang yang baik dan terpercaya. Keuntungan yang ditawarkan oleh banyak “pemain baru” terkadang menjadi daya tarik yang sulit ditolak bagi Anda yang akan terjun langsung dalam investasi ini.

Jadi, supaya bisa mengetahui pengembang tersebut baik dan bisa dipercaya, jangan hanya lihat dari penawaran atau nilai proyeknya saja. Coba tanyakan dan lihat bagaimana history proyek yang mereka pernah kerjakan.

Pengembang yang profesional pasti memiliki pengalaman dengan proyek besar dan rasio resiko kegagalan proyek yang kecil. Penting bagi Anda untuk mendapatkan developer yang berkompeten dan mempunyai kredibilitas yang tinggi.

pembangunan oleh developer

Cara mudah lainnya untuk bisa mengetahui pengembang atau developer yang terpecaya adalah dengan mengecek apakah pengembang tersebut sudah masuk ke dalam anggota Real Estate Indonesia (REI).

Kenapa hal ini sangat penting ?

REI sudah diakui dan menjadi stake holders pemerintah dalam menjalankan amanat Undang-undang untuk menyediakan rumah bagi rakyat Indonesia. Jadi, pengembang yang baik pasti akan terdaftar dalam anggota REI dan kejelasannya bisa dipertanggung jawabkan.

Berikut adalah ciri-ciri dari pengembang atau developer yang harus dihindari:

  • Memiliki track record buruk

Biasanya developer yang bermasalah akan terlihat dari jejak rekam dari proyek terdahulunya. Oleh karena itu, Anda harus selalu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya.

  • Penawaran yang tidak sesuai brosur

Hampir semua developer menggunakan brosur sebagai media yang akan menarik pembeli. Terkadang, deveoper yang nakal suka menulis informasi yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya bahkan sering melebih-lebihkan dalam hal yang biasanya pembeli tidak tahu.

  • Izin pembangunan yang tidak sesuai

Banyak pengembang yang lalai dalam hal perizinan dalam membangun sebuah proyek. Anda wajib berhati- hati dan selalu menanyakan apakah proyek tersebut sudah memenuhi persyaratan atau tidak.

  • Mengingkari janji

Hal yang menjadi umum terjadi pada kasus pengembang nakal adalah seringnya tidak sesuai janji yang telah disepakati dalam hal serah terima. Biasanya rentan waktu nya bisa sampai hitungan bulan bahkan tahunan.

  • Kualitas bangunan yang rendah

Anda perlu cermat dalam melihat spesifikasi bangunan yang ditawarkan jangan sampai Anda tertipu dengan harga murah sebab pengembang biasanya menurunkan harga pembangunan dengan merendahkan kualitas bahan bangunan yang ada. Sebaiknya Anda sedikit tahu tentang spesifikasi rumah yang baik untuk tidak salah dalam membeli rumah dan tidak mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan.

  • Surat surat yang tidak lengkap

Penting bagi Anda untuk pastikan setelah Anda menyetor uang tAnda jadi atau booking fee, developer tersebut harus menyerahkan Perjanjian Pengikatan Jual – Beli (PPJB). Pengembang nakal biasanya tidak menyerahkan PPJB ke pembeli yang kurang mengerti. Tanpa surat tersebut, uang Anda tidak bisa dikembalikan jika terjadi masalah pada kelanjutan pembangunan rumah.

  • Tidak menyediakan team after sales

Biasanya ciri pengembang yang baik pun selalu menyediakan tim untuk melayani pembeli setelah transaksi yang akanmenangani keluhan pelanggan.

 

Pilihlah lokasi yang strategis

Kunci sukses investasi properti hunian seperti rumah adalah dalam pemilihan lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang tepat dapat menaikkan nilai harga rumah Anda.

Tidak hanya strategis, sebaiknya pilihlah hunian rumah di lokasi yang memang sudah cukup ramai dan tinggal lama dilingkungan tersebut. Hal ini baik untuk kedepannya karena biasanya penghuni lama, mungkin mengajak saudara, teman bahkan anaknya sendiri untuk membeli rumah di sekitar tempat tinggal mereka. Ini menjadi angin positif bagi Anda yang ingin suatu hari menjual rumah yang Anda beli dengan cepat.

Tentunya hal tersebut juga akan menguntungkan Anda, karena calon pembeli akan secara otomatis mempromosikan rumah Anda atau dalam dunia marketing merupakan teknik yang biasa disebut word of mouth, yaitu cara promosi dari mulut ke mulut.

Lokasi yang tepat untuk perumahan juga tempat- tempat strategis yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, bahkan akses transportasi yang memadai dan jarak yang ditempuh tidak jauh dari depan rumah. Anda juga disarankan untuk tidak membeli rumah yang banyak dibeli oleh kebanyakan investor lain, karena akibatnya adalah lokasi tersebut akan sepi dimana akan ada banyak rumah kosong.

 

Perhatikan kelengkapan fasilitas yang ada di lokasi hunian

Rahasia selanjutnya adalah Anda harus cermati beberapa fasilitas yang terdapat disekitar. Pastinya bukan hanya lokasi saja yang strategis, namun fasilitas yang sudah lengkap pun menjadi daya tarik para pemburu rumah. Memang tidak mudah mencari rumah yang mempunyai fasilitas lengkap seperti fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, tempat olahraga dan paling terpenting adalah akses transportasi. Setidaknya Anda harus memiliki analisa kecil-kecilan, seperti apa prospek properti di lokasi yang nanti akan Anda beli. Apakah akan ada rencana pembangunan untuk beberapa tahun ke depan? Coba lihat fasilitas apa saja yang akan dibangun oleh developer atau Master Plan dari proyek yang ada.

fasilitas perumahan lengkap

 

Teliti dalam harga rumah yang di tawarkan

Menjalani bisnis investasi rumah memang perlu ketelitian dan perjuangan yang tidak gampang. Tujuannya Anda investasi tentu untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu Anda harus bisa memperhitungkan harga yang ditawarkan ke Anda masuk akal atau tidak. Bisa Anda lihat dari sisi bentuk dan kualitas bangunan yang bagus dengan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan sehari- hari Anda. Dalam menganalisa harga rumah, tentunya Anda harus tahu perkembangan harga pasaran sebuah rumah di wilayah atau kawasan yang Anda pilih. Anda bisa memastikan apakah rumah yang Anda beli bisa menguntungkan atau tidak. Memang jika membahas tentang harga rumah pasti yang paling terbesit di pikiran Anda adalah harganya yang selalu naik namun Anda juga tidak bisa hal tersebut menjadi alasan untuk menaikan harga dengan sesuka hati Anda. Semua itu harus dengan alasan yang logis dan melihat perkembangan apa yang terjadi di sekitar rumah yang Anda beli.

Memang belajar strategi investasi dalam membeli rumah bisa sangat tidak nyaman pada awalnya. Anda harus mempunyai analisa yang kuat dan bersedia bertahan melalui proses belajar investasi rumah serta harus menyakinkan diri Anda apapun resikonya. Ini akan membuat Anda mulai terbiasa belajar dari kesalahan dan tidak cepat menyerah untuk terus belajar berinvestasi.

tabungan babi investasi

Pikiran positif ini akan membuat Anda terus bergerak maju dan akan membuat Anda  menjadi investor yang sukses di kemudian hari.

Demikian tips dan kunci rahasia sukses dalam investasi rumah. semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba bisnis properti ini.

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Berita Terkait