Cara Mudah Membuat Rumah Minimalis Anda Terlihat Mewah

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Merubah penampilan rumah tipe kecil agar terlihat mewah bukanlah hal mudah. Ada saja alasan yang membuat banyak orang untuk enggan mendekor ulang ataupun merenovasi rumah. Alasannya?

Pertama, kebanyakan dari mereka berpikiran bahwa rumah yang sempit akan sulit untuk di desain ulang.

Kedua, bukanlah hal yang mudah untuk menentukan perabotan agar rumah minimalis terlihat mewah.

Jadi, permasalahan sebenarnya bukan karena memiliki bujet yang minim, justru karena rasa pesimis dengan ukuran rumah yang kecil. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa rumah mewah harus memiliki ruang besar dengan perabotan yang mahal.

Apakah Anda juga beranggapan yang sama?

Jika iya, mungkin artikel ini akan merubah pemikiran Anda.

tampilan luar rumah minimalis

Rumah minimalis memang mengusung konsep sederhana dan memiliki luas tanah yang tidak besar, namun bukan berarti tidak bisa terlihat mewah. Poin pentingnya adalah hanya dalam hal penataan dan perabotan yang selaras. Perlu Anda ketahui, perabotan dengan tema minimalis sebenarnya tidaklah murah. Karena biasanya, perabotan tersebut dibuat secara handmade, yang berarti dibuat oleh pengrajin tanpa bantuan mesin khusus.

Lalu bagaimana cara agar membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih mewah?

  1. Anda harus mengubah tampak luar rumah jadi terlihat lebih mewah.

Masih ingat bahwa kebanyakan orang berpikir rumah yang sempit akan sulit untuk di desain ulang?

Sebenarnya tidak terlalu sulit.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengubah tampilan luar rumah minimalis Anda. Tampak luar sebuah rumah biasanya menjadi kesan pertama bagi orang yang melihatnya. Sehingga penting untuk merubah penampilan luar rumah Anda terkesan lebih “wah”.

Anda bisa memulai dari mendokarasi taman mungil di depan rumah menjadi terlihat lebih tertata. Caranya dengan menanami berbagai jenis bunga atau warna yang berbeda-beda. Pilihan bunga yang di tanam bisa seperti bunga anggrek, mawar atau kaktus mini dan lain-lain sesuai selera Anda. Coba atur keseluruhan tanaman tersebut agar tertata dan terlihat serasi, sehingga tampak luar rumah Anda menjadi lebih cantik.

Sedikit saran dari kami,  untuk memaksimalkan lahan yang sempit Anda bisa meletakan tanaman ke dalam pot.  Selain itu usahakanlah pilih jenis tanaman berukuran kecil, karena jika terlalu besar hanya akan membuat taman kecil Anda terlihat penuh.

taman rumah minimalis mewah

Ingin terlihat lebih mewah? Tambahkan saja kolam kecil atau gunakan pot bunga yang memiliki desain menarik. Untuk memperkuat kesan minimalis namun mewah, Anda bisa tambahkan kursi dan meja kecil di teras. Lalu tambahkan juga lampu penerangan di daerah taman Anda agar tidak terlihat gelap pada saat malam hari. Hindari penggunaan lampu berwana putih, karena akan membuat rumah Anda menjadi terlalu mencolok. Sebaiknya berikan lampu warna kuning dengan tingkat terang atau watt yang sedang untuk menambahkan kesan natural.

Langkah selanjutnya Anda bisa kombinasikan warna cat dinding luar dengan warna yang cerah. Anda bisa padukan 2 warna yang selaras.

Coba Anda padukan warna dasar seperti putih dengan turquoise atau biasa disebut biru telor asin. Menurut pantauan team Lifull Rumah, sudah banyak rumah mewah juga memakai warna tersebut agar terkesan lebih cerah namun tetap elegan.

 

  1. Tata agar interior rumah mungil Anda menjadi terlihat mewah

Permasalahan yang sering ditemui dalam menata perabotan rumah minimalis adalah tidak cocoknya bentuk perabotan dan terlalu banyak aksesoris yang membuat rumah jadi terlihat kurang rapi.

ruang interior mungil mewah

Dalam penataan ruang interior rumah minimalis, Anda harus memperhatikan prinsip dalam mendesain suatu ruangan, yaitu:

  • Proporsi yang harus terlihat seimbang dengan bentuk dan ukuran
  • Warna yang mempengaruhi psikologis Anda yang akan berada disuatu ruangan
  • Daya tarik dari posisi pintu dan jendela
  • Ritme
  • Detail seperti letak pot bunga dan tata cahaya pada suatu ruangan
  • Balance atau keseimbangan

Jangan terlalu bingung dulu dengan pernyataan diatas.

Sebenarnya, inti dari pernyataan diatas adalah keseimbangan dalam penataan dan keselarasan  menentukan posisi perabotan.

Solusi mudahnya, jika Anda belum terlanjur membeli banyak furniture untuk rumah Anda, sebaiknya Anda mulai membeli furniture yang memiliki konsep minimalis. Tapi jika sudah terlanjur, Anda bisa mengganti atau setidaknya tukar tambah dengan furniture lama Anda.

 

  1. Ubah tampilan kamar tidur.

Selanjutnya adalah mengubah tampilan kamar tidur Anda.

Rumah dengan tipe kecil biasanya tidak memiliki ruang tidur yang luas. Namunn, bila Anda memiliki dana lebih akan lebih baik jika memperluas ruang tidur Anda.

Tapi bukan berarti kamar tidur yang sempit tidak bisa dikreasikan agar terlihat lebih mewah. Kamar mewah bukan dilihat seberapa luas ruangannya saja, namun lebih ke penataan dan pemanfaatan ruangan yang ada.

Caranya pun cukup mudah, hanya dibutuhkan sedikit usaha dengan mengganti atau membuang perabotan yang memang tidak diperlukan.

Coba tentukan apa saja yang Anda butuhkan di dalam sebuah kamar tidur. Setelah itu coba lihat barang-barang yang Anda miliki, jika memang tidak terlalu banyak coba ganti atau beli perabotan yang memiliki banyak fungsi.

Pilih juga perabotan yang hemat tempat dan warna atau desainnya dapat selaras dengan perabotan lainnya. Karena harus Anda pahami bahwa ukuran kamar tidur yang Anda miliki sekarang tidak terlalu luas untuk menyimpan perabotan yang besar.

ruang kamar tidur minimalis mewah

Coba lihat konsep dari tipe studio yang ada di apartemen. Mungkin dari sana Anda akan mendapatkan banyak ide untuk mengkreasikan ruang kamar tidur Anda.

 

  1. Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan lampu juga merupakan bagian penting untuk rumah tipe kecil Anda. Rumah kecil dengan pencahayaan yang buruk adalah hal yang fatal.

Pencahayaan pada rumah terbagi menjadi 2, yaitu :

  • pencahayaan lampu
  • pencahayaan alami

Mengenal tentang pencahayaan lampu tentu bukan hal yang terlalu sulit. Sesuaikan jangkauan luas ruangan Anda dengan tegangan lampu (watt) yang akan digunakan. Jika jangkauan lampu besar, dan Anda menggunakan lampu dengan watt kecil, tidak hanya memperburuk tampilan ruangan yang ada. Mungkin itu juga dapat merusak kesehatan mata Anda dan keluarga, karena buruknya penerangan atau pencahayaan akan membuat mata harus kerja lebih ekstra.

Pencahayaan matahari juga berpotensi baik untuk kesehatan Anda dan keluarga. Karena cahaya matahari mengandung sinar ultra violet yang mampu membunuh bakteri atau jamur.

Secara otomatis, rumah yang tersinari dengan cahaya matahari akan membuat Anda dan keluarga lebih sehat dan terbebas dari jamur yang bisa muncul akibat banyaknya bakteri.

pencahayaan rumah minimalis

Tidak hanya itu, pencahayaan matahari juga dapat membantu ruangan Anda menjadi terlihat lebih luas dan cerah.

Lalu bagaimana caranya untuk memaksimalkan pencahayaan rumah?

Anda bisa membuat jendela dengan skala bukaan minimal 20% dari luas ruangan. Sebisa mungkin jendela rumah Anda menghadap ke arah taman. Untuk Anda yang memiliki rumah yang dindingnya menjadi satu dengan tetangga Anda, solusinya buatlah ruang terbuka di bagian ruang depan rumah dan belakang rumah sehingga cahaya yang masuk bisa dari sisi depan dan belakang rumah.

Demikianlah tips dan saran untuk membuat rumah mungil Anda terlihat mewah. Semoga Anda bisa mengaplikasikanya dengan baik dan bermanfaat untuk merubah rumah Anda menjadi lebih baik.

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Berita Terkait