Ide Cantik Desain Rumah Baru Agar Terlihat Mewah dan Menarik

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

“Rumah ku istana ku”, begitulah pepatah yang masih sering kita dengar semenjak anak—anak hingga saat ini. Yup, pepatah lama ini benar-benar menggambarkan dengan jelas arti sebuah rumah sesungguhnya. Rumah disimbolkan sebagai istana yang menjadi status sosial tertinggi bagi setiap insan yang memilikinya. Si pemilik rumah akan selalu merasa bangga akan rumahnya sendiri seberapa pun luas lahan bangunan.

Layaknya istana, dimana penghuni disebut raja. Si raja juga akan selalu menjaga keindahan rumah nya. Desain bangunan hingga pengaturan ruangan akan selalu diperhatikan. Sehingga si raja akan merasa nyaman tinggal di istana miliknya. Terlebih bila rumah diisi dengan keceriaan dan kehangatan keluarga. Dimana sang istri, anak, atau orang tua menyambut dengan senyuman hangat.

Rumah bagai istana juga diartikan sebagai tempat yang paling nyaman untuk berlindung dari terik matahari dan tetesan air hujan. Tak peduli semewah apapun hotel yang pernah dikunjungi atau semegah apapun rumah tetangga, tetap rumah menjadi tempat istirahat paling dinantikan untuk melepas lelah atau sewaktu pulang kerja.

Hasrat ingin memiliki rumah semewah istana tak akan pernah padam. Akan tetapi, melihat kondisi lahan dan keuangan, rumah mewah bak istana seperti jauh dari angan-angan!

Jangan berkecil hati! Taukah Anda, kalau tampilan rumah semegah istana kini bukan lagi menjadi khayalan. Anda bisa mewujudkannya dengan membaca sampai akhir artikel ini.

illustrasi rumahku istanaku

Sedikitnya ada 6 faktor yang menjadi kunci agar rumah tampak ‘wah’ dan lebih mempesona.

  1. Desain pagar

Tak hanya berfungsi sebagai pengaman, pagar juga berperan besar guna menghadirkan tampilan rumah mewah dan menarik. Apalagi sebagai bagian terluar, pagar menjadi ornamen rumah yang pertama kali dilihat orang saat melewati rumah Anda. Maka dari itu, pagar menjadi salah satu elemen terpenting agar rumah terlihat ‘wah’.

Saat ini, desain pagar kian bervariasi. Dianjurkan, untuk memilih model pagar yang tepat. Untuk memberi nuansa mewah, Anda bisa memilih pagar bertipe besi tempa yang didesain dengan ornamen pagar yang megah. Jenis pagar ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan rumah mewah dan cantik bagai istana.

Sebaliknya, hindari pagar bermodel besi lipat. Selain memberikan kesan sederhana, kualitas pagar besi lipat juga layak dipertanyakan. Karena mudah berkarat akibat paparan sinar matahari atau air hujan.

 

  1. Cat rumah

Cat rumah juga menjadi salah satu faktor penentu agar hunian tampak mewah dan sedap dipandang mata. Hal ini disebabkan cat rumah mendominasi tampilan eksterior sebuah rumah.

cara memilih warna cat dinding yang cocok

Dikatakan, rumah dengan cat warna yang tepat kian menambah kemewahan dari rumah itu sendiri meskipun rumah tidak begitu luas. Oleh karena nya, pemilihan warna yang tepat wajib diperhatikan bagi rumah berlahan sempit namun ingin terlihat mewah.

Warna mawar emas atau perpaduan warna mawar merah muda dengan warna emas layak untuk dipertimbangkan. Warna nya yang lembut mampu memberi kesan feminim sehingga semakin enak dipandang mata. Sekaligus menghadirkan nuansa bangsawan yang mewujudkan suasana mewah nan elegan bagi hunian Anda.

Anda juga dapat menggabungkan tiga unsur warna sekaligus dengan menggunakan perbandingan 60:30:10. Artinya 60% warna utama, 30% warna pendukung, dan 10% warna pelengkap. Misalnya, kombinasi warna krem, cokelat tua, dan hitam yang menghasilkan hunian yang elegan dan berkelas.

 

  1. Atap tinggi

“Pernahkah Anda berkunjung ke rumah yang memiliki atap pendek?”

“Lalu bagaimana kesan Anda?”

Atap merupakan salah satu bagian terpenting demi mewujudkan rumah mewah dan menarik. Dikatakan, atap dengan desain yang pendek menciptakan hunian terlihat sempit. Selain itu, membuat ruangan menjadi lebih panas.

Sebaliknya, model atap tinggi memberikan kesan rumah tampak lebih mewah dan sejuk. Karena atap sangat mempengaruhi sirkulasi udara dalam rumah. Dengan memiliki atap yang tinggi, memudahkan pergantian udara dari dan keluar rumah. Sehingga, sirkulasi udara dapat lebih optimal.

Dalam dunia arsitektur, disarankan untuk membuat atap setidaknya 20 cm lebih tinggi untuk mendapatkan hunian yang mewah dan menarik. Lebih ekstrim, Anda dapat meningkatkan hingga 40 cm demi mewujudkan rumah impian Anda.

Anda juga wajib memilih warna atap dengan benar. Atap berwarna cerah sangat membantu untuk menampilkan kesan atap yang lebih tinggi sehingga rumah terlihat lebih ‘wah’.

 

  1. Jendela besar

Kehadiran jendela menjadi salah satu ornamen rumah yang tidak boleh diabaikan guna menciptakan hunian idaman yang mewah dan mempesona. Dengan memasang jendela pada bagian depan, kesan rumah mewah bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Ukuran jendela pun tidak kalah penting.  Jendela berukuran kecil membuat cahaya matahari yang masuk relatif sedikit. Sehingga pandangan semakin sempit dan hunian tampak semakin tidak menarik.

Lain halnya dengan jendela berukuran besar. Jenis jendela ini mampu membuat ruangan tampak lebih luas dari aslinya. Semakin besar jendela, semakin banyak cahaya matahari yang masuk sehingga mampu menampilkan hunian mewah sekaligus menciptakan pencahayaan alami.

Dengan demikian, tidak ada salah nya memasang jendela dengan ukuran besar pada rumah atau ruangan yang Anda anggap sempit.

Diantara beragam jenis jendela rumah, tipe “Bay’” layak untuk dicoba. Tipe ini bercirikan jendela bermodel menjorok keluar dan sangat cocok untuk menghadirkan nuansa mewah pada hunian Anda.

 

  1. Taman hias

Penggunaan taman hias sering dijadikan acuan untuk menghasilkan suasana mewah dan menarik sebuah hunian. Dengan adanya taman, rumah tentunya akan terlihat lebih menarik sekaligus asri. Untuk Anda yang memiliki rumah mungil, tak perlu khawatir. Anda dapat memaksimalkan lahan yang ada! Caranya cukup mudah.

Anda dapat membangun taman vertikal. Apa maksud taman vertikal?

Taman vertikal adalah taman yang dibangun pada sebuah dinding. Dengan demikian, taman dibiarkan merambat pada dinding sebagai media utamanya.

Awalnya, taman ini ditujukan untuk komersil. Namun, belakangan ini banyak masyarakat yang memanfaatkan konsep taman vertikal terutama bagi mereka yang memiliki rumah berlahan minim.

Jika bagian depan rumah tidak memungkinkan membangun sebuah taman, Anda dapat memanfaatkan bagian samping rumah. Halaman samping dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kebun kecil dan dihiasi berbagai tanaman hias.

 

  1. Lampu teras

Pencahayaan menjadi unsur yang wajib dipertimbangkan dalam membangun rumah mewah dan menarik. Terlebih di malam hari dimana minim pencahayaan. Nah, agar rumah tetap terlihat mewah meski dalam suasana gelap, lampu hias layak untuk dicoba. Letakkan lampu hias pada bagian tengah teras sehingga dapat memancar ke seluruh sudut rumah.

tampilan rumah dengan pencahayaan mewah

Selain itu, warna lampu juga berdampak terhadap kemewahan desain hunian Anda. Pilihlah lampu dengan warna kuning keemasan untuk menambah nuansa mewah seperti istana yang Anda idamkan.

Setelah membaca artikel LIFULL Rumah ini, kini Anda sudah tau 6 cara mudah menciptakan hunian mewah dan menarik. Saat nya mewujudkan hunian yang Anda impikan. Selamat berkarya! 🙂

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Berita Terkait