5 Trik Berburu Kost Murah Dan Bagus Dengan Kamar Baru

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Mulai lelah dengan lokasi kerjaaan yang jauh dari tempat tinggal? Atau Anda seorang perantau yang baru mau kuliah serta butuh tempat tinggal? Ini menjadi momen yang tepat untuk Anda beralih tempat tinggal dari rumah ke kost.

Alih-alih menghabiskan waktu di jalan, kini banyak komuter yang lebih memilih tinggal di kost. Menyewa sepetak kost juga menjadi alternatif terbaik yang banyak dipilih oleh para pendatang. Sedikit nya ada 3 keuntungan yang diraih bila memutuskan tinggal di kost.

Pertama, Anda akan memiliki “Me Time” lebih banyak dibanding dengan mereka bertempat tinggal di rumah yang jauh dari lokasi kantor.

santai (chill) di kosan

Jika sebelumnya Anda harus menghabiskan waktu dua jam untuk mencapai kantor, kini hanya dibutuhkan waktu 15 menit untuk tiba di lokasi tempat kerja Anda. Anda pun bisa lebih santai ke kantor tanpa perlu terjebak macet ataupun dihantui rasa takut karena terlambat ke kantor.

Kedua, harga yang ditawarkan dari para penyewa kost relatif lebih murah jika dibandingkan dengan penyewa kontrakan.

Tentunya, harga menyewa sebuah kost bervariasi. Namun, secara umum harga yang ditawarkan lebih murah daripada menyewa kontrakan atau rumah. Hal ini dapat dimaklumi lantaran ruangan yang disewa jauh lebih kecil atau hanya 1 petak kamar (ruang) saja.

Sebaliknya, menyewa kontrakan akan jauh lebih mahal karena menyewa lebih dari 1 pintu, termasuk kamar, ruang tamu, dan dapur.

Di daerah Jakarta misalnya, harga sewa kost biasanya antara Rp 400.000 – Rp 800.000 perbulan dengan fasilitas standar.

Sedangkan harga sewa kontrakan berkisar Rp 1.600.000 – Rp 1.900.000 tiap bulannya.

Dengan demikian, selisih budget ini bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain, seperti membeli kebutuhan pokok, atau dialihkan untuk investasi lainnya.

Ketiga, perlu diketahui bahwa meskipun sudah disewa, namun status kepemilikan kost tetap berada di tangan pemilik.

Ini menjadi nilai tambah yang akan Anda peroleh dari tinggal sementara di sebuah kost. Hal ini berarti jika terdapat masalah kerusakan fasilitas, seperti engsel pintu rusak, atap bocor, dan lain sebagainya, Anda tidak bertangung jawab langsung atas kerusakan tersebut.

Anda cukup mengadukan nya kepemilik kost dan pemilik kost yang akan memperbaiki segala barang yang telah rusak tersebut.

Nah, setelah Anda mengetahui 3 keuntungan yang diperoleh saat memilih tinggal di kost, lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana memilih kost bagus dengan harga yang terjangkau? Mari simak sama-sama, 5 tips sederhana berikut ini yang belum banyak diketahui orang!

  1. Lokasi dan aksesibilitas

Hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan sebelum menyewa kost yaitu lokasi kost dengan aktivitas. Mari ingat kembali, alasan Anda memilih kost adalah untuk meminimalkan waktu dan jarak tiba di tempat kerja atau kampus.

Dengan demikian, alangkah baiknya jika Anda memilih lokasi kost yang tidak terlalu jauh dengan kantor atau kampus di mana Anda banyak beraktivitas.

Anda akan menghemat waktu dan jarak tempuh apabila lokasi kost dekat dan mudah diakses dari tempat Anda bekerja. Sehingga Anda dapat tiba lebih awal dan memiliki waktu beristirahat lebih panjang dibandingkan saat sebelum tinggal di kost.

Selain mengurangi waktu dan jarak perjalanan, lokasi kost yang dekat juga sangat membantu Anda untuk mengurangi biaya transportasi yang perlu dikeluarkan setiap hari nya.

 

  1. Perbandingan fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan juga menjadi kunci dalam memutuskan untuk menyewa sepetak kost. Sekarang ini, ada banyak ragam fasilitas yang ditawarkan oleh penyewa kost.

Ada yang hanya menawarkan ruangan nya saja tanpa fasilitas apapun. Sehingga Anda perlu mengisi kamar Anda sendiri.

Namun, tidak sedikit juga kost-an yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari tempat tidur hingga Wifi. Sehingga kost tersebut sudah siap Anda huni.

cara memilih kost kamar bagus dan impian

Oleh sebab itu, coba tanyakan dengan jelas fasilitas apa aja yang akan Anda peroleh jika menyewa kost tersebut.

Fasilitas yang ditanyakan tidak hanya sebatas fasilitas di dalam kamar. Fasilitas di luar kamar juga tidak kalah pentingnya, seperti dapur bersih, tempat jemuran, atau lahan parkir. Fasilitas-fasilitas seperti ini sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas sehari-hari Anda.

 

  1. Biaya dan harga spesial

Biaya tentunya sangat berkaitan erat dengan tempat sekaligus fasilitas yang ditawarkan. Disarankan bagi Anda untuk tidak mudah tergiur dengan kost-an yang menawarkan harga jauh di bawah pasaran.

Selidiki terlebih dahulu lokasi dan fasilitas apa saja yang diberikan. Kost-an dengan biaya sewa yang murah, umumnya minim fasilitas.

Apakah ini dapat dijadikan patokan? Tentu tidak!

Anda juga harus memperhitungkan biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Jangan sampai harga kost murah, namun biaya transportasi membengkak. Bijak lah dalam mempertimbangkan proporsi biaya yang harus dikeluarkan menyewa kost dengan biaya tranportasi.

Selain itu, coba tanyakan adakah penawaran khusus apabila Anda berminat untuk menge-kost bersama teman?

Lebih lanjut, Anda juga disarankan untuk menyelidiki perbandingan harga yang ditawarkan apabila Anda membayar per bulan, per tiga bulan, atau bahkan per tahun.

Umumnya, penyewa kost akan memberikan harga yang relatif lebih murah bila berbagi kamar dengan teman atau membayar uang sewa kost satu tahun di muka.

 

  1. Kondisi lingkungan sekitar

Poin berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan dalam pemilihan kost bagus adalah lingkungan sekitar kost Anda. Pastikan lingkungan kost aman dan nyaman.

Pertanyaan sederhana yang dapat Anda ajukan kepada diri sendiri mengenai keamanan dan kenyamanan kost, misalnya apakah kost dekat dengan sarana umum seperti tempat makan, stasiun atau terminal bus?

Jika ya, kost tersebut layak Anda pertimbangkan.

Tidak hanya lingkungan fisik, lingkungan sosial kost perlu juga diperhatikan seperti, teman-teman kost di dalam nya. Tidak menutup kemungkinan, jika ada kost yang menjadi tempat kumpulan pencuri.

Alangkah baik nya bila Anda mengenal satu per satu teman kost Anda, jangan sampai Anda tinggal di tempat yang rawan kejahatan sehingga membuat rasa tidak aman atau bahkan mengancam nyawa Anda.

lokasi tempat kost biasanya di jakarta

Jika memungkinkan luangkan waktu untuk bertanya kepada tetangga sekitar atau ketua RT/RW setempat mengenai status keamanan kost yang akan Anda huni.

 

  1. Penjaga kost

Penjaga kost juga menjadi ujung tombak dari sebuah kost yang bagus. Umumnya, yang menjaga kost adalah pemilik kost itu sendiri atau sering disebut ibu kost.

Di Indonesia, image ibu kost kerap mendapat stereotip negatif, seperti ibu kost genit atau galak. Namun, Anda harus mampu membedakan sifat galak dengan tegas.

Justru, selama merantau Anda membutuhkan sosok ibu kost yang tegas yang memberikan aturan yang jelas kepada penghuni kost-an demi tercipta nya kost yang tertib dan nyaman.

Daripada menyesal di kemudian hari, ciptakan komunikasi yang baik dengan ibu kost sebelum memutuskan untuk menyewa kost. Sehingga Anda pun dapat betah tinggal di kost tersebut dalam jangka waktu lama.

Itulah 5 tips simple yang perlu dicermati jika Anda ingin mendapatkan kamar kost yang murah dan bagus. Tentunya, tidak ada kost yang memberikan 5 keuntungan sekaligus seperti yang dijabarkan di atas.

Tugas Anda adalah menyakinkan pada diri sendiri kalo kost tersebut memang layak untuk dihuni dan menjadi tempat terbaik untuk melepaskan lelah setelah seharian beraktivitas di luar. Good luck, ya! Jangan lupa untuk terus update berita seputar properti hanya di https://lifull.id

Bagikan:Share on FacebookGoogle+Tweet about this on Twitter

Berita Terkait