contoh desain kamar tidur

Kamar tidur merupakan bagian rumah yang paling nyaman. Yap, siapapun pasti senang menghabiskan waktu berada di dalam kamar.

Tidak hanya sebagai ruang beristirahat lho! Disadari atau tidak, kamar tidur kerap menjadi ruang multifungsi. Mulai dari menonton film terbaru sambil ngemil di atas tempat tidur hingga belajar atau bekerja sampai larut malam.

“Menurut National Sleep Foundation (NSF), waktu tidur yang ideal saja bisa mencapai 7—9 jam sehari. Belum lagi aktivitas lainnya, jadi kebayangkan berapa jam yang Anda habiskan di dalam kamar tidur?”

Oleh karena perannya sangat penting, maka banyak orang berupaya menciptakan kamar tidur yang nyaman. Salah satunya melalui desain kamar yang unik dan berbeda.

Misalnya, mengganti cat tembok kamar tidur dengan wallpaper motif favorit, menggantung dekorasi dinding menarik, menambah sentuhan hijau seperti pot kaktus, dan masih banyak lagi.

contoh kaktus menarik

Memang, tidak ada ketentuan baku dalam mendesain kamar tidur. Semua tergantung selera si pemilik kamar.

Namun, ada beberapa hal penting yang tak boleh diabaikan. Karena akan berdampak buruk pada kenyamanan serta kualitas tidur Anda.

“Menurut penelitian dari St Lawrence University, New York, orang dengan lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tidur sehingga rentan terhadap insomnia.”

Untuk mencegahnya, coba simak 3 hal yang sering disepelekan padahal wajib diperhatikan di kamar tidur:

1. Jika memang sudah sempit, berikan kesan luas pada area pintu kamar

contoh pintu kamar tidur

Pertama, area pintu kamar tidur wajib diperhatikan agar kualitas tidur optimal. Meskipun banyak orang yang sudah menyadari akan pentingnya kebersihan dan kerapihan,  namun masih saja area pintu kamar kerap terlihat berantakan dan kotor.

Menurut Fengshui, percaya atau tidak, pintu merupakan bagian penting untuk menyalurkan energi positif bagi si penghuni kamar.

Bila area pintu terlihat kotor dan berantakan, maka energi positif akan terhalang masuk. Ini mungkin ada kaitannya dengan kualitas tidur Anda yang menurun.

Coba amati area pintu masuk kamar tidur Anda sekarang!

Bagaimana tampilan nya saat ini?

Selain bersih dan rapih, pastikan tidak ada furnitur yang menghalangi pintu masuk.

Bila ada, coba pindahkan posisi furnitur agar mengarah jauh dari pintu. Selain terlihat rapih, kamar tidur akan terkesan luas dan tidak mengganggu “lalu lintas” kamar.

Tips lain yang masih berkaitan dengan desain pintu kamar, yaitu engsel pintu yang berbunyi. Memang, bunyi tersebut membantu sebagai “alarm” bila ada yang masuk ke dalam kamar.

Namun, bagaimana bila bunyinya berisik dan mengganggu? Sudah pasti tidur Anda pun ikut terganggu.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satu nya dengan melumuri oli/minyak pada engsel pintu. Cara ini terbilang cukup sederhana dan efektif meredam suara engsel pintu yang mengganggu.

2. Bukan masalah besarnya, melainkan sesuaikan ukuran jendela

Meskipun saat ini produk AC semakin canggih dengan filter anti bakteri dan virus, namun teknologi ini dikabarkan belum bekerja maksimal menyerupai aslinya sinar UV.

Benar saja, sinar UV yang masuk ke dalam kamar mampu membunuh bakteri hingga 50% meskipun melalui jendela.

contoh desain kamar tidur

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi udara ataupun pencahayaan alami akan optimal asalkan jendela kamar didesain secara benar. Meskipun secara kasat mata, masih banyak rumah memiliki ukuran jendela kamar tidak sesuai dengan luas kamar.

Bagaimana dengan jendela kamar tidur Anda?

Untuk kamar berukuran standar, ukuran jendela yang disarankan adalah 60cm x 80cm dimana ukuran ini sangat efektif menangkap sinar matahari yang masuk serta mengganti sirkulasi udara segar dalam kamar.

Dengan demikian, kamar tidur akan terasa nyaman dan sehat sehingga istirahat Anda akan semakin maksimal.

Artikel Terkait : Dari Mengurangi Stress hingga Bikin Semangat, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Irisan Lemon pada Kamar Tidur

3. Saklar dan colokan listrik, kecil sih tapi tidak boleh disepelekan

contoh saklar dan colokan listrik

Apa yang salah dengan saklar dan colokan listrik?

Hmm.. memang tidak ada. Namun, sering kali sebagian orang memasang furnitur kamar tidur yang terlalu besar atau tinggi. Sehingga menutupi lubang colokan listrik dan saklar.

“Mengapa colokan listrik tidak boleh terhalang oleh furnitur? Kan bisa saja kalau terhalang furnitur, tinggal tarik kabel roll, sama saja bukan?”

Pasti ada di antara Anda yang berpikir demikian.

Eits.. tunggu dulu, memang benar Anda bisa menyiasatinya dengan mencolokkan kabel roll lalu menariknya mendekat elektronik di dalam kamar.

Akan tetapi, jika colokan listrik dan saklar terhalang furnitur, ini berdampak fatal dan bisa mengakibatkan konslet atau arus singkat pada instalasi listrik.

Masih ingat kasus kebakaran besar yang baru-baru ini terjadi di Riau?

Meskipun tidak memakan korban, namun rumah beserta harta benda habis terbakar api dalam waktu sekejap. Dikabarkan, kebakaran ini terjadi akibat konslet listrik dari dalam kamar lho.

Ternyata penting banget kan posisi saklar dan colokan listrik itu?

Jika Anda membutuhkan jasa renovasi dan desain kamar tidur, kirimkan saja permintaan Anda ke LIFULL Rumah sekarang. Tanpa perlu repot mencari, kami akan memberikan vendor renovasi dan desain kamar tidur berkualitas serta terpercaya hanya untuk Anda. Silahkan tekan tombolnya sekarang.

AJUKAN SEKARANG

VIASonika
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here