desain kitchen set rumah

Mengubah penampilan dapur minimalis memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan keuletan dan ide kreatif untuk merubah tampilan sebuah dapur dari yang terlihat sempit menjadi lebih luas.

Sebenarnya untuk dapur terlihat cantik itu mudah, kuncinya terletak di penataan yang sesuai dengan ruang dan konsep dapur Anda.

Karena biasanya konsep dapur yang dipilih disesuaikan dengan gaya hidup pemilik rumah.

Lalu, konsep apakah yang cocok dengan gaya hidup Anda?

Mungkin Anda sudah berada di waktu yang tepat untuk membaca artikel ini.

Yuk simak ulasannya:

Desain dapur berbentuk U

desain kitchen set rumah

Menurut para desainer interior, desain dapur berbentuk U dinilai mampu menghadirkan suasana yang terbuka. Desain ini cocok bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi untuk berada di dapur.

Bentuknya yang fleksibel dan ketersediaan ruangan yang cukup lega bisa dikombinasikan langsung dengan tema seluruh ruangan yang ada dirumah.

Terlebih, Dapur berbentuk U ini akan cocok untuk Anda yang memiliki space yang mungil.

Mulai darimana penataannya?

Anda bisa mulai dari penempatan kompor dan tempat cuci piring yang saling berhadapan. Ini akan mempermudah pergerakan di dapur sehingga Anda bisa memasak sekaligus mencuci bahan makananan dengan praktis.

Selanjutnya, usahakan posisi kulkas dan rak penyimpanan peralatan makan Anda tidak berjauhan dari kompor dan tempat cuci piring. Dengan begitu kegiatan masak-memasak Anda akan lebih efisien dalam bergerak.

Selain itu, keuntungan dari desain U ini Anda bisa meletakan rak atau kabinet di setiap sisi dinding dapur.

Satu lagi yang perlu Anda perhatihan yaitu sirkulasi udara.

Anda bisa menambahkan jendela yang mendapatkan cahaya langsung dari matahari, selain dapur Anda terlihat terang juga dapat sirkulasi udara yang baik.

Desain dapur berbentuk L

desain dapur minimalis modern

Bisa dibilang desain bentuk L ini banyak digunakan oleh banyak orang. karena banyak yang menganggap desain ini membuat dapur terlihat lebih luas dan elegan.

Nah, untuk desain yang semacam ini mampu membuat dapur anda terlihat lebih rapi dan mudah dibersihkan. Karena hanya memilki sela-sela yang sedikit, jadi bisa dijangkau untuk dibersihan secara manual.

Dalam segi penerangan pun, Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari langsung hanya dengan memasang jendela besar yang menghadap keluar.

Tak hanya untuk membuat rumah Anda lebih terang, Jendela ini juga memiliki fungsi sebagai ventilasi udara.

Jadi saat Anda memasak, udara tidak akan mengumpul di dalam rumah. sehinngga Anda tidak perlu khawatir setiap memasak.

Untuk pemilihan warna sendiri, tetap yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah dominan warna putih . Karena selain terlihat elegan dan mewah, warna ini juga mengeluarkan kesan bersih dan luas.

Namun, semua itu tergantung selera Anda karena balik lagi dengan pembahasan yang diatas. Seperti yang pernah disinggung diawal,  bahwa tampilan dapur sesuai dengan gaya hidup pemiliknya.

Desain dapur natural

Kenapa Jika dibandingkan dengan bentuk U dan L, desain dengan konsep natural ini bisa lebih simpel dari dua model tersebut ?

Sebenarnya desain ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam berkreasi di dapur yang ukurannya sempit.

Karena dalam pemasangan kitchen set pun hanya membutuhkan satu sisi dapur saja. Mengusung tema minimalis ini akan membuat pergerakan Anda lebih leluasa walaupun areanya terbatas.

Menerapkan kesan natural memang susah-susah gampang, dibutuhkan ide kreatif serta keselarasan warna dan corak dipilih.

Contohnya, pada dinding dapur Anda bisa ditambahkan batuan alam dan tanaman sayuran yang bisa digantung atau ditempel langsung.

Untuk tanaman sayur sendiri, sudah banyak rumah yang menanam sayur seperti kangkung, seledri dan daun parsley. Yang terpenting bisa ditanam di lahan sempit dan tidak memakan tempat.

lalu, jangan lupa untuk menaruh jendela yang besar agar sirkulasi udara di rumah Anda lebih mengalir dan segar.

Saran terakhir untuk Anda, berlaku untuk ketiga jenis desain dapur adalah pemilihan kompor gas oven. Selain lebih praktis, juga membuaat dapur Anda terlihat “eye catching” dan modern.

Bagaimana? Apakah anda sudah mendapatkan ide dari ketiga desain minimalis yang LIFULL Rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here