contoh desain kolam renang

Memiliki kolam renang di rumah memang menyenangkan. Bagi Anda yang menyukai olahraga renang, kolam renang rumah sudah tentu membuat kesenangan tersendiri.

Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kolam renang umum dan sudah tentu lebih murah karena tidak perlu membayar. Anda pun juga bisa lebih lama berenang tanpa batas waktu tertentu.

Mengasyikan bukan?

Selain sebagai sarana olahraga, menikmati pagi hari di tepi kolam renang merupakan aktivitas yang sungguh menyenangkan. Ini seakan membawa Anda kembali ke suasana alam bersama suara gemercik air kolam.

Terlebih bila melihat biru nya air kolam yang tampak bersih dan jernih. Suasana seperti ini membuat Anda kian bersemangat dalam memulai hari baru.

Tak hanya untuk olahraga dan hiburan, kolam renang kerap dipakai sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Bahkan, beberapa pesta mulai memakai tema “Pool Party” atau pesta bernuansa pinggir kolam. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Berbicara mengenai kolam renang, keberadaan kolam renang dalam rumah sekaligus dikatakan sebagai simbol kemapanan seseorang.

Orang yang memiliki kolam renang sendiri biasanya berstatus sosial ekonomi menengah ke atas atau tinggal di perumahan elite.

contoh desain kolam renang

Nah, bagi Anda yang mendambakan kolam renang serta ingin membuat sendiri, LIFULL Rumah akan membagikan 7 tips mendesain kolam renang di rumah:

1. Membuat lubang kolam renang

Bagi Anda yang menginginkan kolam renang sendiri, langkah pertama adalah membuat lubang kolam renang.

Untuk pembuatan lubang ini, sebaiknya Anda menyerahkan kepada kepada tenaga profesional. Sehingga Anda bisa mempersiapkan konstruksi kolam renang.

Selain sudah berpengalaman, pembuatan lubang kolam renang oleh tenaga profesional akan lebih singkat, yaitu sekitar 1-2 hari tergantung luas kolam.

2. Pondasi

Tahap kedua yaitu membuat pondasi. Oleh karena Indonesia merupakan negara rawan gempa, pondasi harus dibuat kokoh dan kuat.

Pondasi dari pelat baja bisa menjadi pilihan dikarenakan sifatnya yang tahan dengan goncangan gempa bumi.

Pastikan juga Anda melibatkan teman atau kerabat saat pembuatan pondasi dikarenakan pekerjaan ini berisiko tinggi.

3. Lantai kolam renang

contoh desain kolam renang

Setelah lubang dan pondasi sudah dibuat, langkah berikutnya adalah pemasangan lantai kolam. Untuk bagian ini, gunakanlah beton sebagai lantai kolam renang.

Anda pun bisa meminta saran dari tenaga profesional mengenai perbandingan campuran adukan semen dan pasir.

Dengan demikian, kualitas lantai kolam tetap terjaga dengan baik meskipun dikerjakan sendiri.

4. Penutup dinding

Ketika lantai kolam renang sudah dibuat, saatnya Anda membuat dinding kolam renang.

Pastikan dinding memiliki lapisan yang kuat agar tidak mudah retak.

Untuk langkah ini, vibrator semen sangat lazim digunakan untuk membuat beton semakin padat dan kuat serta menghilangkan udara yang menempel di antara lapisan beton.

5. Kedap air

Langkah berikutnya adalah melapisi kolam renang dengan sistem tahan air pada bagian dinding dan lantai. Hal utama yang harus Anda perhatikan dalam tahap ini adalah pastikan menggunakan produk yang berkualitas serta teruji. Sehingga dinding dan lantai kolam terbebas dari jamur dan kebocoran.

6. Pemasangan keramik

Pemasangan keramik pada kolam renang sama hal nya dengan pemasangan keramik dapur atau kamar mandi. Anda bisa menggunakan beberapa desain keramik unik dan menarik.

Namun, perlu diingat! Pilih tekstur keramik yang agak kasar supaya lantai tidak licin.

Bila ingin tampak berbeda, Anda bisa juga menggunakan keramik dengan inisial nama Anda. Anda semakin tertarik untuk mencobanya?

7. Fasilitas

contoh desain kolam renang

Kini Anda sudah sampai pada tahap akhir pembuatan kolam renang sendiri! Pada tahap ini coba tambahkan shower di sekitar kolam renang untuk membasuh badan setelah berenang.

Nah, bagi Anda yang senang berjemur, tak ada salahnya menaruh fasilitas duduk, seperti sofa di sekitar kolam renang. Suasana kolam renang kini semakin asyik bukan?

Itulah beberapa tips dari LIFULL Rumah untuk membuat kolam renang sendiri di rumah. Namun, bila Anda membutuhkan rekomendasi jasa pembuatan kolam renang, silahkan ajukan sekarang.

AJUKAN SEKARANG

VIASonika
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here