Palangkaraya2

Palangkaraya merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Karena masih dalam proses pembangunan, Anda tidak akan menemukan banyak gedung tinggi jika berkunjung ke kota satu ini. Sepertinya faktor itu jugalah yang membuat Palangkaraya sangat nyaman untuk dijelajah karena jarang sekali mengalami macet. Potensi yang cukup menjanjikan untuk mengembangkan pasar properti, bukan? Pembenahan diri pada bidang properti yang sedang dilakukan Palangkaraya bisa Anda lihat melalui berbagai sektor berikut ini.

1. Banyak Kembangkan Tipe Rumah Sederhana

Pada dasarnya properti di Palangkaraya memang menjadi salah satu sektor favorit bagi para masyarakat untuk berinvestasi. Hal ini dibuktikan dnegan tingginya minat masyarakat dalam mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR), khususnya untuk tipe rumah sederhana yang memang sedang banyak dikembangkan di Palangkaraya. Pada proyek Flora Permata Permai, misalnya, pengembang PT HM Nor Cipta Abadi Cabang Palangkaraya berhasil menjual seluruh unit rumahnya. Kondisi tersebut juga menunjukkan bahwa kini perekonomian masyarakat Palangkaraya sudah cukup baik atau bahkan mengalami peningkatan sehingga daya belinya pun tinggi.

Tingginya daya beli masyarakat juga tidak terlepas dari harga yang dipatok oleh PT HM Nor Cipta Abadi. Per unitnya, mereka memasang harga sebesar Rp 115 juta dengan uang muka pembayaran hanya mencapai Rp 11,5 juta. Sedangkan, cicilan per bulannya sebesar Rp 961.986 dengan jangka waktu lima belas tahun pembayaran. Tipe Rumah Sederhana dengan harga terjangkau memang menjadi salah satu buruan masyarakat Indonesia, khususnya Palangkaraya, sehingga dapat menjadi peluang investasi properti di Palayangkaraya bagi para pengembang.

2. Pusat Perbelanjaan Raksasa

Tidak banyak pengembang lokal yang berani membangun pusat perbelanjaan berukuran kakap, apalagi jika harus bersaing dengan pengembang nasional. Namun, Govindo Group berani mengambil langkah tersebut dengan mengembangkan dua pusat perbelanjaan besar sekaligus, yakni Duta Mall Tahap II di Banjarmasin dan Big Mall di Samarinda. Apabila berhasil digarap, Govindo Group akan mengembangkan proyek pusat perbelanjaan yang ditujukan bagi kelas menengah di Palangkaraya.

Menyadari tantangan tersebut, Dicky Gunawan selaku CEO Govindo Group mengatakan melalui situs Kompas.com bahwa pihaknya tetap optimis karena potensi pasar untuk bisnis ruang ritel di Banjarmasin dan Samarinda terhitung relatif besar. Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan baiknya pertumbuhan ekonomi yang berimbas pada pendapatan per kapita dan meningkatnya daya beli. Selain itu, para pelaku bisnis ritel juga cukup ekspansif ke daerah. Mereka mencari ruang-ruang pusat belanja yang cocok untuk dijadikan toko-toko baru. Sayangnya, ketersediaan pusat perbelanjaan dan ruang-ruang ritel di Samarinda, Banjarmasin, dan kota-kota sekitarnya justru sangat terbatas. Itulah mengapa Dicky dan Govinda Group tetap optimis untuk melanjutkan proyek raksasa mereka.

Palangkaraya1

3. Bangun Ruang Terbuka Hijau

Usaha pembenahan pasar properti di Palangkaraya juga bisa terlihat dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun oleh Pemerintah Kota Palangkaraya melalui Dinas Cipta karya, Tata Ruang, dan Perumahan Kota. Berdasarkan data yang dihimpun dari situs Propertidata.com, RTH akan dibangun di kawasan Jalan Garuda, mulai dari simpang tiga Jalan Tjilik Riwut hingga perempatan Jalan Rajawali.

Proyek ini juga didasari oleh pemahaman bahwa pembangunan kota tidak harus identik dengan gedung. Masih dari situs yang sama, Imbang Tarmaji selaku kabid Pertamanan, Penerangan Jalan Umum (PJU), dan Dinas Cipta Karya mengatakan bahwa pengelolaan lahan menjadi RTH merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menambah ruang hijau agar Kota Palangkaraya bisa menjadi semakin indah sekaligus untuk mengembalikan fungsi sosial masyarakat. Saat ini, konsentrasi taman kota masih berada di Jalan Yos Sudarso, Bundaran Kecil. Agar masyarakat kawasan lain bisa mengakses fasilitas serupa, pemerintah pun membangun RTH. Pemerintah berharap agar masyarakat dapat bekerja sama untuk mendukung proyek tersebut.

Tunggu apa lagi? Seiring dengan berjalannya waktu, proses benah diri yang dilakukan oleh Palangkaraya pada bidang properti pasti akan menunjukkan hasil yang menakjubkan. Sebelum harga mengalami kenaikan, Anda bisa langsung melakukan riset di Lifull Rumah untuk menemukan properti dengan harga terbaik di Palangkaraya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here