pencahayaan lampu dapur

Dapur menjadi salah satu ruang terpenting dalam sebuah hunian. Dikatakan, dapur menjadi pusat kegiatan di dalam rumah. Segala aktivitas tak bisa lepas dari dapur. Mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.

Maka tak heran, bahwa dapur mendapat perhatian istimewa dibandingkan ruang-ruang lain yang ada di dalam rumah.Mengingat pentingnya fungsi dapur, maka dapur terbagi dalam 2 tipe.

Tipe pertama, yaitu dapur basah.

Dapur basah biasa digunakan untuk mencuci peralatan dapur serta menyiapkan menu utama yang dimasak dengan menggunakan kompor.

Tipe kedua, yaitu dapur kering.

Dapur kering hanya digunakan untuk menyiapkan menu sarapan sederhana, seperti roti atau sereal.

Sayangnya, kondisi dapur sering terbengkalai. Bahkan banyak dapur yang lalai dibersihkan serta tidak terawat dengan baik. Hal ini kerap kali membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan malas untuk memasak di rumah.

Padahal, memasak di rumah selain sehat juga menghemat pengeluaran lho. Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk makan hingga 50% per bulannya. Wow.. Lumayan bukan?

Nah, bagi yang ingin merenovasi dapur agar lebih nyaman saat memasak dengan budget minimalis, Anda wajib mengikuti 4 langkah berikut:

1. Mengatur perabotan

lemari penyimpanan peralatan dapur

Coba cek kembali bagaimana kondisi perabotan di ruang dapur Anda?

Tak dapat dipungkiri apabila perabotan dapur kerap kali tersimpan tidak rapi.Misalnya, peralatan makan tercampur dengan peralatan masak. Tentu merepotkan bukan?

Nah, ide untuk merapikan perabotan dapur menjadi pilihan tepat untuk menghemat renovasi dapur Anda lho. Lantas, bagamanakah caranya?

Caranya sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Anda cukup menyimpan peralatan masak berdekatan dengan area memasak. Sehingga sangat memudahkan Anda saat memasak.

Selain itu, dalam merenovasi dapur Anda juga wajib mensortir peralatan dapur. Singkirkan peralatan masak yang tidak dibutuhkan atau wajan-wajan yang sudah berkarat. Dapur pun kini tampak lebih bersih dan segar.

Dengan demikian, impian untuk merenovasi dapur dengan biaya hemat dapat segera terwujud.

2. Menambah keset

keset berbahan microfiber

Bentuknya yang mungil, membuat keset kerap terlupakan. Padahal, keset dapur ini  memiliki banyak fungsi krusial di dalam sebuah hunian.

Setidaknya ada 2 keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan keset pada ruang dapur.

Pertama, keset berfungsi untuk menyerap air yang menetes di sekitar dapur. Gunakan keset yang memiliki daya serap tinggi, seperti keset berbahan microfiber untuk mencegah Anda tergelincir saat berada di dapur.

Kedua, keset berfungsi untuk membersihkan telapak kaki. Telapak kaki yang kotor atau berminyak kerap kali meninggalkan jejak di lantai dapur. Oleh karena itu, penambahan keset pada dapur menjadi tips hemat untuk menciptakan tampilan baru pada ruang dapur Anda.

3. Lampu

pencahayaan lampu dapur

Tak sedikit dapur memiliki pencahayaan yang kurang baik. Misalnya pada saat penggunaan lampu yang terlalu terang atau terlalu redup. Padahal pencahayaan seperti ini sangat berdampak pada atmosfer dapur.

Bila menggunakan lampu dengan intensitas tinggi, dapur menjadi sangat menyilaukan.  Sebaliknya, bila menggunakan lampu dengan intensitas rendah, dapur terkesan menjadi pengap.

Oleh karenanya, mengganti lampu menjadi keputusan yang tepat saat Anda hendak merenovasi dapur. Untuk menghemat budget, sebaiknya menggunakan lampu LED. Harga lampu LED ini cukup murah yaitu tak lebih dari 100 ribu rupiah.

Selain itu, cahayanya hangat dan lembut serta hemat energi.

Dengan demikian, bila Anda ingin mendapatkan tampilan baru pada ruang dapur dengan biaya yang tidak membengkak, Anda cukup beralih ke lampu LED.

4. Mengecat ulang

Salah aspek penting dalam merenovasi dapur adalah mengecat ulang ruang dapur Anda. Dikatakan, cat dinding pada dapur memberi dampak besar terhadap kondisi keseluruhan ruang dapur.

Untuk mendapatkan nuansa dapur yang segar dan tidak terkesan pucat, disarankan menggunakan cat berwarna hijau.

Selain itu, kehadiran warna hijau pada ruang dapur memberi kesan luas. Dapur terlihat tampak lebih longgar dan semakin menarik.

Dengan demikian, mengganti warna cat dinding pada ruang dapur Anda menjadi keputusan mutlak saat Anda ingin merenovasi dapur.

Setelah membaca dan melakukan 4 tips sederhana di atas, Anda kini dapat memiliki dapur impian dengan biaya renovasi yang tidak menguras dompet Anda.

VIASonika
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here