Tips Mencari Kost Murah Untuk Pemula

Masa awal perkuliahan sebagai mahasiswa baru akan segera dimulai! Tapi, pasti berat rasanya untuk meninggalkan orang tua dan berpindah ke kost-an meskipun kamu sangat senang diterima di kampus impian kamu selama ini. Tinggal sendiri dan jauh dari orang tua pasti bakal jadi drama pertengahan tahun yang paling mendebarkan.

Dan beragam pertanyaan dilematis pun mulai berkeliaran dalam benak kamu.

Nah pertanyaan pertama pasti seputar gimana sih dapetin kost murah? Eit, jangan khawatir! Karena di sini ada 3 tips jitu mencari kost-an untuk kamu yang serba pas-pasan!

1. Cari segera mungkin

Pepatah “lebih cepat lebih baik” juga berlaku saat kamu lagi cari kost-an lho. Kenapa? Yup, karena semakin cepat kamu mencari nya semakin murah harga yang kamu dapatkan. Bayangkan saja, kamu harus bersaing dengan lebih dari 1.000 mahasiswa yang senasib dengan kamu dimana harus berpisah dengan orang tua dengan uang bulanan yang pas-pasan. Tentunya, yang paling awal akan mendapat harga yang lebih murah, bukan? So, kamu wajib banget mengumpulkan informasi kost-an lebih awal yang sesuai dengan budget kamu. Kamu bisa browsing di internet atau bertanya pada forum komunitas anak kost. Jika memungkinkan, kamu bisa langsung survey ke lapangan. Sehingga kamu bisa membandingkan harga dan mendapat harga terbaik sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

2. Survey bareng teman

Jangan pernah percaya untuk menitipkan info kost-an ke teman atau keluarga saat awal-awal mencari kost. Sebisa mungkin kamu sendiri melakukan survey bersama teman yang juga sedang mencari kost-an. Banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh lho bila mencari kost bareng teman. Pertama, kamu bisa memilih kost-an yang sesuai dengan keinginan kamu, seperti lokasi dan ukuran kamar. Kedua, beberapa kost-an juga memberikan harga spesial apabila kamu dan teman kamu menyewa kost-an yang sama. Nah, kamu dan teman kamu bisa dapat potongan harga langsung tuh. Terakhir, kamu bisa seseruan bareng teman kamu tanpa takut nyasar atau kebingungan mencari kost-an. Dan kegiatan survey kost pun jadi menyenangkan. Asyik bukan?

3. Pilih dekat kampus

Percaya deh lokasi kost-an sangat mempengaruhi harga kost. Biasanya, kost-an yang dekat dengan kampus harga nya akan melambung lebih tinggi bila dibandingkan dengan kost-an yang jauh dari kampus. Akan tetapi, buat kamu yang udah punya cita-cita jadi activist wanna be kampus dimana bakal harus bolak-balik ke kampus, sebaiknya kamu memilih kost yang dekat dengan kampus. Meskipun harga nya agak lebih mahal, namun bisa menghemat pengeluaran kamu per bulan nya. Coba hitung kembali harga kost-an dengan biaya transport yang harus dikeluarkan tiap bulan nya. Ga mau khan harga kost-an murah tapi berat untuk biaya transportasi??

Itulah 3 tips ampuh yang wajib kamu lakukan untuk mendapatkan kost-an dengan budget yang minim. Selamat mencari kost-an!